Bagaimana Cara Memilih Tema WordPress Terbaik Untuk blog Anda

 

Gl Web Support – Memilih tema yang tepat untuk blog Anda adalah langkah penting untuk mendirikan kerajaan online kecil Anda sendiri. Setelah Anda memilih niche Anda dan memutuskan platform blog apa yang akan digunakan, satu-satunya hal yang menghalangi Anda untuk membuat situs Anda aktif adalah mencari tahu seperti apa tampilan yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa terjebak pada fase desain dan tata letak ini untuk waktu yang lama. Ini sering menjadi alasan saya mendengar mengapa blogger baru belum diluncurkan.

“Saya hanya perlu mengubah desain lagi”.

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Tema WordPress Terbaik Untuk blog Anda

Apakah itu terdengar familiar?

Dapat dimengerti bahwa rintangan ini sulit untuk diatasi. Blog Anda adalah bayi Anda. Anda bangga dengan konten Anda dan Anda ingin desain blog yang tepat untuk memamerkannya kepada dunia.

Saat Anda baru memulai, biasanya anggaran Anda habis untuk bekerja dengan desainer pada tema khusus, tetapi tidak apa-apa karena ada seluruh dunia web yang penuh dengan tema blog untuk berbagai platform yang dapat dipilih. Untuk mencegah Anda terjebak dalam fase desain dan untuk membantu dengan banyaknya pilihan di luar sana, berikut adalah panduan untuk memilih tema pra-dibuat yang bagus untuk blog Anda.

Apa yang harus dicari dalam template blog

Pencarian Google cepat untuk platform Anda bersama dengan kata “tema” akan menunjukkan kepada Anda daftar situs yang menawarkan template blog yang hampir tak ada habisnya. Anda akan melihat campuran tema gratis dan “premium” (yang harus Anda bayar). Secara umum, tema premium memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang gratis, tetapi bukan berarti setiap tema premium dijamin kualitasnya bagus. Ini juga tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menemukan tema bagus yang gratis– Anda pasti bisa! Untuk setiap tema yang Anda pertimbangkan untuk menginvestasikan waktu dan/atau uang Anda dalam pemasangan, evaluasilah menurut kriteria berikut:

Apakah template blog sesuai dengan kebutuhan Anda?

Sebelum memulai pencarian, penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda butuhkan dari template blog berdasarkan konten Anda. Tujuan dari desain blog Anda adalah untuk membuat konten Anda bersinar, dan untuk menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi pengunjung Anda. Untuk mendapatkan beberapa ide tentang apa yang mungkin Anda butuhkan, lihat blog yang Anda suka baca (kemungkinan yang paling Anda suka baca mungkin juga tata letak blog favorit Anda).

  • Apa yang menurut Anda sangat berguna saat menjelajahi blog ini?
  • Bagaimana itu berlaku untuk Anda sendiri?
  • Apakah konten Anda lebih baik dibaca dalam urutan kronologis? Atau akankah pendekatan berbasis kategori bekerja lebih baik untuk Anda?
  • Apakah Anda memerlukan beranda statis untuk mengiklankan konten lain seperti produk atau kursus?

Cari tahu bahan tata letak blog ideal Anda dan teruslah berburu sampai Anda menemukan tema yang memiliki semua elemen yang Anda butuhkan. Tempatkan diri Anda pada posisi pembaca Anda dan pastikan untuk selalu mengingatnya saat Anda membuat keputusan ini. Jika Anda menjalankan blog fashion misalnya, foto besar yang indah akan menjadi kuncinya. Dan jika Anda lebih fokus pada tulisan daripada visual, pilihlah tema yang tidak terlalu bergantung pada fotografi.

Jika Anda menggunakan WordPress, maka plugin sering kali dapat digunakan untuk melengkapi tema. Jika Anda ingin dapat menampilkan video terbaru Anda di bilah sisi misalnya dan tidak dapat menemukan tema yang sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda dapat menggunakan plugin untuk menambahkan bagian itu. Jadi, jika Anda menemukan template blog yang hampir sempurna, cari direktori plugin WordPress untuk melihat apakah itu dapat membantu Anda dengan sentuhan akhir.

Apakah template responsif?

Saat ini, tidak ada alasan untuk tidak memiliki situs yang berfungsi dengan baik di seluler. Pada bulan Oktober 2016 penggunaan Internet seluler melampaui desktop untuk pertama kalinya, menurut perusahaan pemantau Internet StatCounter, dengan 51,2% lalu lintas berasal dari perangkat seluler atau tablet. Itu berarti jika Anda ingin pengunjung Anda menikmati membaca blog Anda, sebaiknya pastikan itu berfungsi dengan baik di layar kecil.

Sebagian besar template akan mencatat apakah mereka responsif atau tidak (artinya mereka merespons ukuran layar yang berbeda dan tata letak berubah untuk mengakomodasi, sehingga situs Anda terlihat sama bagusnya di ponsel Anda seperti di desktop Anda), tetapi Anda bisa selalu periksa situs contoh untuk memastikan dengan mengunjunginya di ponsel Anda atau cukup seret sisi browser Anda dan lihat bagaimana tema bereaksi.

Jika tidak melakukan apa-apa, saatnya untuk meletakkan tema cantik dan pergi untuk menemukan satu yang akan memberi pembaca Anda pengalaman yang lebih baik di ponsel mereka.

Apakah Anda dapat menyesuaikannya?

Tema blog yang sudah jadi harus menjadi kanvas kosong untuk Anda isi dengan kepribadian dan merek Anda sendiri. Cobalah untuk tidak jatuh cinta dengan tema yang dirancang secara berlebihan yang sudah memiliki gaya yang sangat spesifik. Tentu saja template blog yang dilengkapi dengan banyak grafik yang sudah ada di header dan footer mungkin terlihat bagus, tetapi bagaimana cara kerjanya dengan konten Anda sendiri? Dan jika Anda tidak dapat menukar grafik tersebut dengan yang sesuai dengan tampilan dan nuansa Anda sendiri, Anda dapat memiliki situs yang persis seperti blogger berikutnya yang memutuskan untuk menggunakan tema tersebut.

Mereka mungkin terlihat hebat saat ini, tetapi akan sulit untuk membuat merek untuk diri Anda sendiri ketika blog Anda terlihat seperti tiga situs lain di niche Anda. Konten Anda adalah bagian terpenting dari situs sehingga Anda tidak ingin tema yang menaungi itu.

Tema pra-dibuat terbaik adalah dasar dengan cara terbaik, memungkinkan konten Anda mendorong tampilan dan nuansa. Anda harus dapat mengedit warna, mungkin font juga, dan mengunggah logo Anda untuk membuat sesuatu yang unik bagi Anda. Lihat contoh tema yang digunakan di alam liar untuk menentukan seberapa mudah diadaptasinya. Jika situs yang ditampilkan memiliki struktur dasar yang sama, tetapi semuanya memiliki cita rasa sendiri, maka Anda mungkin telah menemukan pemenangnya.

Baca Juga : Cara Memilih Tema WordPress Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *